Monday, June 20, 2016

Kebudayaan Betawi

Dengan semakin beragamnya etnis dan pengaruh yang masuk, suku Betawi memiliki banyak ragam jenis seni dan budaya.Berikut beberapa jenis seni dan kebudayaan masyarakat Betawi serta beberapa penjelasannya menurut Egi G selaku pengamat budaya Betawi.

a.         Ondel-Ondel




Gambar 2.2.1.4.aOndel-Ondel
Ondel-ondel merupakan hasil dari kebudayaan Betawi yang berupa boneka besar yang terbuat dari anyaman bambu.Boneka tersebut dipakai dan dimainkan oleh orang yang membawanya.Bagian wajahnya berupa topeng atau kedok yang dipakaikan ke anyaman bamboo tersebut, dengan kepala yang diberi rambut yang terbuat dari ijuk.Wajah ondel-ondel laki-laki biasanya di cat dengan warna merah, sedangkan yang perempuan dicat dengan warna putih.
Awal mulanya pertunjukan ondel-ondel ini berfungsi sebagai penolak bala dari gangguan roh halus yang mengganggu.Namun semakin lama tradisi tersebut berubah menjadi hal yang sangat bagus untuk dipertontonkan, dan kebanyakan acara tersebut kini di adakan pada acara penyambutan tamu terhormat, dan untuk menyemarakkan pesta-pesta rakyat serta peresmian gedung yang baru selesai dibangun. Hingga sekarang ondel-ondel Betawi tersebut masih tetap bertahan dan menjadi penghias di wajah kota metropolitan Jakarta.
b.         Tanjidor

 








Gambar 2.2.1.4.bTanjidor
Tanjidor adalah sebuah kesenian Betawi yang berbentuk orkes.Kesenian ini sudah dimulai sejak abad ke-19.Alat-alat musik yang digunakan biasanya terdiri dari penggabungan alat-alat musik tiup, alat-alat musik gesek dan alat-alat musik perkusi.Biasanya kesenian ini digunakan untuk mengantar pengantin atau dalam acara pawai daerah. Tapi pada umumnya kesenian ini diadakan di suatu tempat yang akan dihadiri oleh masyarakat Betawi secara luas layaknya sebuah orkes. Kesenian Tanjidor juga terdapat di Kalimantan Barat, sementara di Kalimantan Selatan sudah punah.
c.         Tari Ronggeng Topeng

 








Gambar 2.2.1.4.cTari Ronggeng Topeng

Tarian betawi yang cukup lama dikenal masyarakat adalah Tari Ronggeng Topeng Betawi. Dalam Tari Topeng Betawi, terdapat tiga unsur seni sekaligus, yaitu tari, teater dan musik. Topeng Betawi tumbuh dan berkembang di pinggir-pinggir Jakarta.Biasanya digelar saat ada pernikahan, acara sunatan dan membayar nazar. Dalam Topeng Betawi, para penari kadang memakai topeng, menggunakan pakaian yang berwarna warni dan bercerita lewat seni gerak. Kini tari Topeng Betawi sudah banyak dikreasikan, sehingga Tarian Betawi pun semakin beragam.
d.         Silat Beksi

 







Gambar 2.2.1.4.dPerguruan silat Beksi Betawi

Suku Betawi memiliki banyak jenis seni bela diri, salah satunya yang terkenal adalah silat Beksi.Seni beladiri ini merupakan perpaduan antara bela diri dengan seni, keindahan, dan ketepatan dalam mencapai sasaran lawan.Tak hanya itu, meski tak mengenyampingkan keindahan gerak, kekuatan tenaganya tak bisa dianggap remeh.Kecepatan serta kedinamisan dalam gerak inilah yang dapat memukul lawan hingga tak berdaya dan mungkin berakibat fatal.
Dalam silat Beksi, olah pukul yang menitikberatkan pada sikut atau bagian luar daerah lengan menjadi ciri khas pukulan jenis silat ini.Dengan memanfaatkan kekuatan lawan, pukulan beksi dapat mengakibatkan lawan terluka dan berakibat fatal.Hal inilah yang diandalkan jagoan-jagoan Betawi saat berhadapan dengan lawannya.
Pada silat Beksi terdapat 18 jurus dengan 9 jurus dasar yang disebut formasi.Sementara, atraksi Betawi yang sering melibatkan silat Beksi adalah prosesi Palang Pintu dan Sambut Makna dengan menggunakan formasi jurus beregu dan jurus individu.Pencak silat Beksi ini sudah ada semenjak zaman kolonial Belanda.Hal itu dibuktikan dengan adanya penggunaan beladiri ini semenjak abad ke 18.
2.2.1.5 Karakter suku Betawi
Karakter suku Betawi terkenal dengan perawakannya yang tegas dan “nyeblak”, yakni mengungkapkan sesuatu secara gamblang atau blak-blakan.Gambaran karakter inilah yang menjadi sebuah penggambaran watak seorang manusia yang menghargai kejujuran dan keterbukaan.
Kejujuran dan keterbukaan dalam masyarakat Betawi merupakan hal yang sangat esensial dan tampak dalam keseharian mereka, seperti terlihat dalam komunikasi mereka sehari-hari. Kejujuran masyarakat Betawi ini terlihat menonjol pada pola komunikasi mereka yang apa adanya, hampir jarang ditemui kata-kata untuk memperhalus maksud pembicaraan. Jika mereka mengatakan hitam, maka akan dikatakan hitam, putih dikatakan putih, tidak dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangi.
(Sosbud.kompasiana.com, 15-08-2011, 11:08 WIB. Kelakuan Orang Betawi)
 Ragam Hias Betawi
Berikut penjelasan menurut Rizky Arizal, warga asli Setu Babakan mengenai elemen ragam hias Betawi yang paling populer di kalangan masyarakat Betawi.
a.      Gigi Balang

 
 

Gambar 2.2.1.7.aGigi Balang
Gigi Balang adalah ragam hias yang dipakai pada arsitektur rumah khas Betawi.Berbentuk geometris tumpal segitiga berjajar.Melambangkan “Tolak Bala” kesehatan dan kerukunan rumah tangga.Gigi Balang adalah salah satu ragam hias yang paling popular dari kebudayaan Betawi.

b.Motif Unik Tegel





Gambar 2.2.1.7.b Motif Tegel
Lantai rumah Betawi biasanya menggunakan motif Tegel karena mempunyai karakter yang unik dengan pola dan gambar yang khas.Aturan penyusunan motif Tegel mengunakan susunan border yaitu Tegel polos yang mengelilingi Tegel berpola.

2.2.2 Icip-Icip Betawi
Icip-Icip Betawi merupakan suatu produk jajanan atau camilan yang khusus mengangkat khas Betawi. Berdasarkan namanya, Icip-Icip berarti mengambil makanan sedikit demi sedikit untuk dimakan, dan diharapkan akanmenyebabkan ketagihan dan senang dengan makanan tersebut.Sedangkankata Betawi sengaja dipakai untuk menegaskan bahwa produk ini merupakan produk khas Betawi.
Terciptanya produk Icip-Icip Betawiini disebabkan karena adanya suatu peluang yang besar dimana ternyata minat masyarakat akan jajanan khas Jakarta cukup tinggi dan banyak. CV Pasar Unik 89 inilah yang menjembatani terciptanya produk tersebut.Usaha ini pada awalnya memproduksi dan menjual berbagai macam bentuk handicraft dan souvenir khas Jakarta.Namun, melihat adanya peluang dimana ternyata masyarakat cukup menyukai jajanan khas Jakarta ini, maka terbentuklah produk yang dinamakan Icip-Icip Betawi.
Kegiatan untuk memproduksi dan memasarkan camilan khas Betawi ini dilakukan pertama kali pada tanggal 9 Maret 2012, dimana CV Pasar Unik 89 diberikan kesempatan untuk mengisi pameran ulang tahun  Dekranas, Dewan Kerajinan Nasional dengan memperkenalkan dan mempromosikan produk khas Jakarta.
Produk Icip-Icip Betawi terdiri atas 4 macam produk jajanan, yaitu kembang goyang, biji ketapang, akar kelapa serta telur gabus wijen.Masing-masing produk memiliki sejarahnya masing-masing terhadap kebudayaan Betawi.
Hingga kini, Icip-Icip Betawi mendapat banyak sambutan positif, baik dari masyarakat Jakarta maupun yang berasal dari luar negeri.Hal ini terbukti bahwa dari sejak kemunculan perdananya, produk ini mendapat perhatian yang cukup besar dari sebuah Mall perbelanjaan yang berlokasi di Jabodetabek.Selain dijual secara langsung kepada customer, Icip-Icip Betawi kini juga dipasarkan melalui sosial media agar produk ini mampu merambah hingga ke luar negeri.

2.2.3    Jajanan khas Betawi
Dewasa ini, jajanan khas Betawi sulit dijumpai di sekitar kita.Hadirnya jajanan ini, hanya terdapat pada setiap penyelenggaraan perayaan besar seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ), ulang tahun masyarakat Betawi, dan sebagainya. Berikut penjelasan tentang jajanan khas Betawi yang akan diredesain oleh Arief Initianto, selaku pemilik produk Icip-Icip Betawi.



Biji Ketapang
Jajanan legendaris khas Betawi ini terbuat dari tepung terigu, telur, gula dan mentega.Bahan-bahan ini dicampur membentu adonan, lalu dibentuk silinder panjang dan kemudian dipotong miring hingga kedua ujungnya berbentuk runcing.Potongan adonan ini kemudian digoreng kering. Rasanya sedikit keras, bertekstur renyah dengan rasa manis dan gurih.
Telor Gabus
Telur Gabus Keju ini mempunyai bentuk kembung panjang dan berwarna kuning keemasan. Rasanya gurih dan renyah ketika digigit..
Akar Kelapa
Dinamakan akar kelapa karena bentuknya mirip akar dari buah kelapa.Selain akar kelapa, jajanan ini disebut juga sebagai procot karena ketika saat di goreng, adonan ini diprocotkan, yakni di keluarkan secara perlahan menggunakan tabung yang sudah dilubangi di bagian ujungnya.
Kembang Goyang

Kembang goyang ini memiliki bentuk mirip dengan kembang dan bertekstur renyah.Jajanan khas ini, kini sudah sangat sedikit orang yang membuatnya. Kue kembang goyang enak dijadikan cemilan atau oleh-oleh karena rasanya yang gurih dan manis 



Gambar 2.2.3.a CV Pasar Unik 89, tempat pemasaran Icip-Icip Betawi

No comments:

Post a Comment